Home / News / Keunggulan Jokowi-Ma’ruf Merata Versi Survei Indo Barometer

Keunggulan Jokowi-Ma’ruf Merata Versi Survei Indo Barometer

Keunggulan Jokowi-Ma’ruf Merata Versi Survei Indo Barometer

JAKARTA – Pasangan Joko Widodo (Jokowi) – KH Ma’ruf Amin dimaksud rata kelebihannya di beberapa fragmen pemilih. Hal itu adalah rangkuman dari survey Indo Acuan yang dikerjakan pada 15-21 Maret 2019 berkaitan Pemilihan presiden.

“Hasil survey Indo Acuan tunjukkan kelebihan pasangan calon nomer urut 01, Joko Widodo – Ma’ruf Amin rata dalam beberapa fragmen bila dibanding dengan Paslon nomer urut 02, Prabowo-Sandiaga Uno,” kata Periset Indo Acuan Hadi Suprapto Rusli di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta, Selasa (2/4/2019).

Hadi memberikan, hal itu adalah sinyal kemenangan Jokowi-Ma’ruf di Pemilihan presiden 2019. “Pasangan Jokowi-Ma’ruf unggul di semua kelompok type kelamin, desa-kota serta berdasar pada pulau,” katanya.

Dalam ketegori suport dari fragmen type kelamin, Jokowi-Amin unggul pada pemilih lelaki sebesar 51,8 %, wanita 49,8 %. Sesaat Prabowo-Sandi mendapatkan suport dari pemilih lelaki sebesar 34 % serta wanita sebesar 30 %.

Mengenai responden yang tidak menandai pilihan sebesar 14,2 % lelaki serta 20,2 % wanita. “Fragmen kelebihan pasangan Jokowi-Amin yang lain yakni kelompok lokasi Desa-Kota. Sebesar 52,5 % penduduk desa pilih Jokowi-Amin. Di tingkat Kota 49,2 %,” tuturnya.

Mengenai pasangan Prabowo-Sandi, di tingkat Desa, mendapatkan suport sebesar 15,8 % serta di penduduk Kota sebesar 18,5 %. Sedang yang tidak menandai pada fragmen ini 15,8 % di lokasi Desa serta di lokasi Kota sebesar 18,5 %.

“Setelah itu, pasangan Jokowi-Amin pula unggul disemua Pulau. Pulau Sumatera sebesar 42,4 %, Pulau Jawa sebesar 54,9 %, serta Pulau yang lain sebesar 48,5 %,” tuturnya.

Ia menjelaskan, lainnya perihal suport Prabowo-Sandi, pasangan nomer urut 02 itu memperoleh suport di Pulau Sumatera sebesar 32,4 %, Pulau Jawa 14,4 % serta Pulau lainnya 16,7 %. Lalu yang tidak menandai di Pulau Sumatera sebesar 25,2 %, Pulau Jawa sebesar 14,4 % serta Pulau lainnya sebesar 16,7 %.

Diluar itu, untuk kelompok Agama, pasangan Jokowi-Amin kembali unggul daripada Prabowo-Sandi. “Salah satunya Islam 46,4 %, Kristen (Katolik+Protestan) sebesar 82 %, Hindu sebesar 100 %, serta Budha sebesar 100 %,” katanya.

Demikian sebaliknya, lanjut ia, Pasangan Prabowo- Sandi mendapatkan suport sebesar 35,5 % dari Agama Islam, Kristen (Katolik+Protestan) sebesar 7,4 %. Serta yang tidak menandai pilihan, Islam sebesar 18,2 %, Kristen (Katolik+Protestan) sebesar 10,7 %.

Selanjutnya, ia menjelaskan, dua Organisasi Penduduk (ormas) Islam paling besar yakni Nahdlatul Ulama (NU) serta Muhamadiyah memberi supportnya semakin besar pada pasangan Jokowi-Amin. Di pemilih Nahdlatul Ulama (NU) sebesar 54 % serta Muhammadiyah sebesar 45 %.

“Lalu Prabowo-Sandiaga Uno mendapatkan suport sebesar 31,2 % dari Nahdlatul Ulama (NU) serta dari Muhammadiyah sebesar 35 %,” tuturnya.

Sebatas didapati, jumlahnya sampel pada survey sekitar 1.200 responden, dengan margin of error sebesar ±2,83%, pada tingkat keyakinan 95%. Cara penarikan sampel yang dipakai ialah multistage acak sample. Tehnik pengumpulan data yang dipakai ialah interviu tatap muka responden memakai quesioner.

Post By : Jagobola.net

About jagoanbola

Check Also

Pertama Kali ke Pasar Tradisional, Nia Ramadhani: Aromanya Beda

Pertama Kali ke Pasar Tradisional, Nia Ramadhani: Aromanya Beda

Pertama Kali ke Pasar Tradisional, Nia Ramadhani: Aromanya Beda  Nia Ramadhani kembali membuat geger warganet ...