Home / News / Ekonomi / Presiden Jokowi Masih Kalkulasi Penurunan Harga Solar

Presiden Jokowi Masih Kalkulasi Penurunan Harga Solar

Presiden Jokowi Masih Kalkulasi Penurunan Harga Solar

Presiden Jokowi Masih Kalkulasi Penurunan Harga Solar

JagoBola.com – Presiden Joko Widodo mengatakan masih menghitung kemungkinan penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar untuk 15 Februari 2015 ini. Jokowi sapaan akrabnya belum memastikan apakah harga solar bisa turun atau tidak mengingat harga minyak dunia masih rendah.

“Nanti masih dalam kalkulasi,” ucap Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (14/2).

Sebelumnya, Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mendesak pemerintah untuk segera menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis solar dari Rp 6.400 per liter menjadi Rp 6.000 per liter. Harga tersebut dinilai tidak akan merugikan PT Pertamina, juga tidak akan membebani APBN.

Namun, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil kala itu menilai belum saatnya pemerintah menurunkan harga solar. Menurut Sofyan, pemerintah perlu melakukan perhitungan mendalam sebelum memutuskan kisaran harga BBM subsidi, termasuk solar.

“Itu kan namanya usulan DPR, tapi kan harganya domain pemerintah dan kita menganggap bahwa belum waktunya, tentu harus dihitung semua. Jadi harus ada perhitungan yang matang,” tutur Sofyan di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/2).

Selain itu, keputusan untuk menurunkan harga BBM subsidi juga harus memperhitungkan proses kenaikannya kelak apabila harga minyak dunia kembali melonjak. Menurut Sofyan, menurunkan harga BBM subsidi sangat mudah dibanding proses menaikkan harga BBM. Oleh sebab itu, pemerintah menerapkan prinsip harga keekonomian untuk BBM subsidi.

“Kalau menurunkan mudah, menaikkan nanti (sulit), oleh sebab itu kita biarkan kepada mekanisme keekonomian nanti kalau harga naik ya naik, kalau harga turun ya turun. Kan kita sudah 2 kali menurunkan harga,” ungkap Sofyan.

About Jago Bola

JagoBola.com Situs Prediksi Bola Online dan Berita Bola Online Terupdate, Prediksi Sepak Bola, Berita Sepak Bola, News, Gosip Artis

Check Also

Polisi Pastikan Pemotor Perempuan di Margonda Alami Kecelakaan Tunggal

Polisi Pastikan Pemotor Perempuan di Margonda Alami Kecelakaan Tunggal DEPOK – Satlantas Polres Depok pastikan ...